Senin, 06 Mei 2013

Tips Diet Yang Baik



Tips Diet
  • Ada banyak cara untuk turunkan berat badan, salah satunya memasang cermin di meja makan. Ini karena cermin membuat seseorang melihat bayangan tubuhnya dan mencegah orang makan berlebihan, serta mengurangi porsi makan hingga seperti dari jumlah yang biasa dimakan.  
  • Makan tepat waktu tak hanya menjauhkan orang dari sakit maag, tapi juga mencegah penambahan berat badan. Ini karena setiap organ tubuh punya jam kerja sendiri, yang mana ada waktu-waktu tertentu berada dipuncak efisiensinya dan di waktu lain organ ini beristirahat.  
  • Serat alami membantu menurunkan berat badan, ini karena serat alami membuat seseorang merasa penuh dan membantu mencegah makan berlebihan. Serat alami ini terdapat di biji-bijian, sayuran hijau, kacang-kacangan serta buah.
  • Tak mudah memang menjaga atau menurunkan berat badan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengatur porsi makan seperti mengambil setengah porsi dari biasa, memperhatikan kalori serta prbanyak ambil sayuran.  
  • Tak banyak orang yang mau makan sambil ditemani air putih, padahal manfaatnya sangat besar. Ini karena makan yang ditemani air putih bisa mendorong orang lebih bijak memilih makanan dan sehat.  
  • Bila Anda sedang berdiet, cobalah makan sambil mendengarkan musik. Penelitian menunjukkan makan sambil mendengarkan musik dapat membuat Anda mengunyah dengan lebih santai sehingga makan lebih sedikit.  
Resep Sarapan yang Dapat Mengurangi Berat Badan
Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi sarapan biasanya lebih ramping daripada yang tidak sarapn. Salah satu alasannya adalah, sarapan dengan makanan berserat tinggi dan dicerna tubuh secara perlahan dapat membantu menghindari makan berlebih sepanjang hari.

Jadi, berikut ini terdapat tiga resep sarapan yang sangat menyehatkan, rendah kalori, dan berserat tinggi, yang dapat dibuat hanya dalam beberapa menit.

Jeruk, Kiwi, Jahe, Dan Oatmeal

Tidak sempat membuat bubur? Cobalah resep oatmeal berikut ini. Lengkap dengan vitamin C yang membantu menjaga kekebalan tubuh, oat yang dicerna secara perlahan oleh tubuh akan membantu anda tetap bertenaga sepanjang pagi.

Waktu persiapan: 3 menit

2 sendok makan oatmeal
1 buah kiwi (dikupas dan dipotong dadu)
150 ml jus jeruk segar
1 ruas jahe (dicincang halus)

Campur oatmeal, buah kiwi, dan jahe cincangnya dalam mangkuk. Tuangkan jus jeruknya dan diamkan selama beberapa menit agar oatnya menjadi empuk.

Informasi nutrisi:

218 Kcal
2 g Lemak
5 g Protein
44 g Karbohidrat

Smoothie Buah

Smoothies selalu menjadi pilihan favorit di setiap waktu, karena sangat mudah dibuat. Mengonsumsinya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan buah Anda, dengan segala vitamin, mineral, antioksidan penambah kekebalan tubuh yang dikandung oleh buah.

Anda dapat menggunakan buah beku atau kalengan. Buah beku kebanyakan lebih murah daripada buah segarnya, tidak perlu mengupas atau memotong, dan langsung mendinginkan smoothie Anda. Jika menggunakan buah kalengan, cari yang menggunakan sari buah, bukan sirup.

Waktu Persiapan: 3 menit

100 g mangga
1 buah pisang
1 buah markisa
1 buah jeruk (diperas untuk diambil sarinya)

Blender mangga, pisang, dan jus jeruk, lalu tambahkan markisa di atasnya sebelum dihidangkan.

Informasi Nutrisi:

175 Kcal
0 g Lemak
3 g Protein
43 g Karbohidrat

Roti Isi Daging Asap, Tomat, Dan Kemangi

Semua orang suka roti isi daging asap, dan yang ini sangat sehat, mudah dibuat, dan bisa divariasikan. Kombinasi dari tomat panas, daun kemangi segar dan daging asap sangat pas untuk menu sarapan, makan siang, atau makan malam.

Waktu Persiapan: 3 menit

2 lembar roti (tawar atau gandum)
6-7 buah tomat ceri (tomat berukuran kecil sebesar buah ceri)
2 lembar tipis daging asap (yang telah dipanggang sebelumnya, atau gunakan daging yang diiris tipis)
2 sendok teh daun kemangi segar (cincang kasar)
Garam dan lada hitam secukupnya

Panggang daging asap pada malam hari atau gunakan daging ham yang diiris tipis. Belah tomat di atas piring lalu masukan microwave selama satu menit, dan tempatkan roti di pemanggang. Letakkan daging asap di atas roti yang telah dipanggang, taruh tomat panas di atasnya, lalu taburi daun kemangi dan tutup dengan roti satunya — lalu selamat menikmati.

Informasi Nutrisi:

218 Kcal
4 g Lemak
5 g Protein
44 g Karbohidrat
Ini Dia Cara Asyik Agar Berat Badan Cepat Turun
Untuk menurunkan berat badan, orang rela melakukan berbagai cara termasuk diet ketat yang menyiksa diri. Namun tanpa harus bersusah payah, sebenarnya ada cara asyik untuk memacu metabolisme dan membuat berat badan cepat turun.
Rahasia berat badan cepat turun adalah kinerja metabolisme yang baik. Metabolisme merupakan tingkat di mana tubuh membakar makanan yang dikonsumsi. Beberapa peneliti bahkan berpendapat bahwa metabolisme yang baik mengalahkan setiap rezim diet.
Berikut adalah cara asyik dan mudah untuk mempercepat tingkat metabolisme dalam tubuh Anda, seperti dilansir Indiatimes, Jumat (7/12/2012):
1. Tertawa
Para peneliti mengatakan tertawa riang 100 kali setara dengan pengeluaran energi sampai 10 menit pada mesin dayung atau 15 menit dengan bersepeda. Tertawa dapat mengurangi hormon stres, yang pada gilirannya membantu meningkatkan sistem metabolisme seseorang. Hal ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah antibodi yang memproduksi sel T.
2. Mandi Air Dingin
Mandi air dingin ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme. Suhu air yang rendah dapat menyebabkan tubuh menggigil, yang dapat meningkatkan metabolisme karena adanya kontraksi otot. Saat dingin, tubuh akan mencoba kembali ke temperatur normal, melakukan pemanasan dan dengan demikian mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, melepaskan lebih banyak sel darah putih. Mandi dingin juga bekerja sangat baik dengan sistem getah bening, membawa cairan naik melalui tubuh. Cara ini juga meningkatkan kerja sistem sirkulasi.
3. Makan Nanas
Nanas mengandung bromelain, yang secara langsung berdampak pada sistem pencernaan dengan membantu penyerapan nutrisi. Bromelain dalam buah juga membantu sel-sel pankreas memecah zat makanan, sehingga dapat mempercepat metabolisme.
4. Minum Teh Hijau
Studi menunjukkan bahwa catechin yang ditemukan dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi indeks massa tubuh. Teh hijau juga dikenal dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat).
5. Makan Rempah-Rempah
Cabai dikatakan dapat meningkatkan kinerja metabolisme. Studi mengatakan bahwa capsaicin yang dihasilkan oleh makanan pedas mengoksidasi lapisan lemak. Makanan pedas meningkatkan denyut jantung, menghasilkan lebih banyak energi, sehingga lebih banyak kalori yang terbakar.
Lima Langkah Turunkan Berat Badan Tanpa Diet
Ingin menurunkan berat badan tapi malas diet? Kalau begitu Anda tak perlu berdiet. Cukup lakukan beberapa langkah untuk menurunkan berat badan dengan melakukan pola makan yang sehat, seperti dilansir She Knows (17/12) berikut ini.
1.   Tambah Asupan Protein

Mengonsumsi lebih banyak protein membuat perut Anda menghasilkan lebih sedikit hormon ghrelin yang merangsang selera makan, ungkap penelitian di The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa seseorang lebih cepat merasa kenyang dan tidak lapar, serta mudah menurunkan berat badan ketika asupan protein mereka ditambah 30 persen. Tambahkan porsi ikan laut, telur, daging sapi, kedelai, atau yogurt untuk menambah asupan protein.

2.   Karbohidrat Olahan
Semua bentuk karbohidrat akan diolah menjadi glukosa, bentuk paling sederhana dari gula. Karbohidrat yang mengandung serat, nutrisi, dan lainnya akan diolah dengan perlahan di perut. Namun ini berbeda dengan karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan yang tidak mengandung serat dan nutrisi akan dengan cepat diolah oleh tubuh sehingga membuat Anda cepat lapar dan tidak kenyang. Beberapa macam karbohidrat olahan antara lain jus, kue, roti, pizza, permen, minuman ringan, minuman energi, dan lainnya.
3.    Lebih Banyak Sayuran Hijau
Lebih banyak konsumsi sayuran segar dan hijau, seperti kale, bayam, kubis, selada, baby spinach, dan lainnya. Campurkan sayur-mayur menjadi salad, namun jangan berikan dressing berlemak. Campurkan saja dengan minyak zaitun ekstra virgin, cuka, atau lemon.
4.      Minum Air

Air bisa menghilangkan segala racun dari tubuh. Dengan mengonsumsi banyak air Anda telah mencegah dehidrasi dan penyakit. Penyakit bisa membuat Anda lebih banyak mengonsumsi kalori sehingga mampu membuat berat badan Anda naik. Air juga bisa membuat kenyang dan tidak mudah lapar dengan cepat.

5.      Kontrol Emosi
Perasaan dan emosi juga berkaitan dengan makanan dan kebiasaan makan. Ketika mood Anda menurun, semua rencana pola makan sehat bisa berantakan. Jadi pastikan Anda membuat rencana dan benar-benar memperhatikan apa, kapan, dan kenapa Anda harus mengonsumsi makanan tersebut. Jangan biarkan emosi atau suasana perasaan mengganggu pola makan sehat Anda dan merusak rencana untuk menurunkan berat badan.
Masih ingin kurus atau menurunkan berat badan? Tak usah lakukan diet yang ribet dan susah. Lakukan saja lima langkah di atas. Tak hanya langsing, tubuh Anda pun akan menjadi sehat.

Sumber : www.detik.com, www.merdeka.com, www.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar