Kitab Taurat (Ibrani: תּוֹרָה, Torah,
"Instruksi") adalah lima kitab pertama Tanakh/Alkitab Ibrani atau bagian Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Dalam bahasa Yunani kumpulan 5
kitab ini disebut Pentateukh ("lima wadah" atau "lima
gulungan"). Taurat adalah bagian terpenting dari kanon/kitab suci orang Yahudi.
Kelima kitab dalam Taurat adalah:
- Kitab Kejadian, bahasa Latin: Genesis, bahasa Ibrani: beresyit (בראשית),
- Kitab Keluaran, bahasa Latin: Exodus, bahasa Ibrani syemot (שמות),
- Kitab Imamat, bahasa Latin: Leviticus, bahasa Ibrani wayiqra (ויקרא),
- Kitab Bilangan, bahasa Latin: Numerii, bahasa Ibrani bemidbar (במדבר) dan
- Kitab Ulangan, bahasa Latin: Deuteronomium, bahasa Ibrani debarim (דברים).
Nama-nama Latin kitab-kitab tersebut dialihaksara dari
judul kitab dalam bahasa Yunani di Septuaginta.
Penamaan
Kata torah dari kata kerja bahasa Ibrani yarah.
Dalam pangkal verba (konjugasi) hifil, kata ירה (yarah) berarti "memberi
pengajaran, mengajarkan, menunjukkan"(misalnya pada Kitab Imamat 10:11). Jadi kata torah dapat
bermakna "ajaran" atau "instruksi", boleh ajaran dari ibu, ajaran dari ayah, atau ajaran dari Tuhan. Terjemahan yang paling sering
dipakai, "hukum", sebenarnya mengandung makna yang kurang
tepat,karena kata bahasa Ibrani untuk "hukum" adalah din.
Kesalahan pengertian "Torah" sebagai "Hukum" dapat menjadi
halangan untuk "memahami pemikiran yang disarikan dengan istilah talmud
torah (תלמוד תורה, "pelajaran Taurat").
Selanjutnya kata "torah" lebih digunakan dalam
artian luas, meliputi peraturan tertulis maupun lisan dan akhirnya meliputi
seluruh ajaran agama Yahudi, termasuk Mishnah, the Talmud, the Midrash and lain-lain. Selain itu, juga
dapat diterjemahkan sebagai "pengajaran, petunjuk, perintah", atau
"kebiasaan" atau sistem.
Di dalam Alkitab Ibrani, judul yang dipakai untuk bagian
pertama ("Ta-" dari "Tanakh") adalah "Taurat
Musa". Judul ini sebenarnya tidak pernah dijumpai dalam Taurat itu sendiri
maupun dalam sastra periode pembuangan ke Babel. Nama ini dipakai dalam Kitab Yosua (Yosua 8:31–32; Yosua 23:6) serta Kitab 1 dan 2 Raja-raja (1 Raja-raja 2:3; 2 Raja-raja 14:6; 2 Raja-raja 23:25), meskipun tidak dapat dipastikan
apakah ini benar-benar meliputi keseluruhan 5 kitab. Sebaliknya, ada
kemungkinan bahwa pemakaiannya setelah pembuangan ke
Babel (Maleakhi 3:22; Daniel 9:11, 13; Ezra 3:2; 7:6; Nehemia 8:1; 2 Tawarikh 23:18; 30:16) diartikan sebagai keseluruhan. Judul
kuno lainnya "Kitab Musa" (Ezra
6:18; Nehemia
13:1; 2 Tawarikh 35:12; 25:4; bandingkan 2 Raja-raja 14:6) dan "Kitab Taurat" (Nehemia
8:3) nampaknya
adalah kependekan nama lengkapnya, "Kitab Taurat Allah" (Nehemia 8:8, 18; 10:29–30; bandingkan Nehemia
9:3).
Istilah Pentateukh, pertama kali digunakan oleh
orang Yahudi berbahasa Yunani di kota Alexandria,yang bermakna "lima kitab", atau sebagai
"Hukum", atau "Hukum Musa". Orang Islam menyebut
"Torah" sebagai Tawrat (bahasa Arab: توراة,
"Hukum"), kata bahasa Arab untuk wahyu yang diberikan kepada nabi Musa (موسى, Musa dalam tulisan Arab).
Tradisi Yahudi
Kelima buku pertama ini dianggap penting karena kelima
buku ini memuat peraturan-peraturan yang dipercayai ditulis atau disusun oleh Musa. Dalam literatur rabbinik, kata "torah" selain
menyatakan 5 kitab ini, juga mengacu kepada:
- Torah Syebikitab (תורה שבכתב, "Torah yang ditulis"), dan
- Torah Syebe'al Peh (תורה שבעל פה, "Torah yang diucapkan" atau "Torah Oral"). "Torah Oral" terdiri dari interpretasi dan amplifikasi tradisional yang diturunkan dari mulut ke mulut dan dari generasi ke generasi, yang sekarang menjadi kumpulan Talmud (תַּלְמוּד) serta Midrash (מדרש) .
Menurut tradisi Yahudi, seluruh Taurat, baik yang
tertulis maupun oral, diwahyukan kepada Musa di atas gunung Sinai. Menurut
penanggalan naskah oleh para rabbi Ortodoks, pewahyuan ini terjadi pada
tahun 1312 SM; atau menurut perhitungan yang lain, pada tahun 1280 SM.
Dalam mistik Yahudi di abad pertengahan dipercayai bahwa
Taurat diciptakan sebelum penciptaan dunia, dan digunakan sebagai rancangan (blueprint)
penciptaan di Kitab Kejadian.
Beberapa sumber rabbinik menyatakan bahwa seluruh Taurat
diberikan seketika itu juga dalam peristiwa ini. Menurut kepercayaan
"maksimalis", pendiktean ini tidak hanya kutipan yang muncul di dalam
tulisan, melainkan setiap kata dalam tulisan itu, termasuk frasa-frasa misalnya
"Dan Tuhan berfirman kepada Musa ...", termasuk bagian dimana
Allah memberitahu Musa mengenai kematiannya dan peristiwa selanjutnya. Sumber
rabbinik lain umumnya meyakini bahwa Taurat diwahyukan kepada Musa dalam jangka
waktu bertahun-tahun, dan selesai pada waktu kematiannya.
Pemikiran rabbinik lain meyakini bahwa meskipun Musa
menulis sebagian besar Taurat, empat ayat terakhirnya ditulis oleh Yosua setelah kematian Musa. Abraham ibn Ezra dan Joseph
Bonfils mengamati bahwa sejumlah frasa dalam Taurat memberikan informasi yang
hanya diketahui setelah Musa wafat. Ibn Ezra memberi indikasi, dan Bonfils
menyatakan terang-terangan, bahwa Yosua (atau mungkin nabi-nabi sesudahnya)
menulis bagian-bagian Taurat ini. Rabbi-rabbi lain tidak menerima pandangan
ini.
Dalam Talmud (tractate Sabb. 115b) dinyatakan bahwa
ada sebuah bagian istimewa dalam Kitab Bilangan, yaitu pasal 10:35-36, yang dibatasi
oleh 2 huruf Ibrani nun yang sengaja ditulis terbalik, merupakan kitab
terpisah. Sebuat midrash mengenai ayat ini dalam buku Mishle
("Amsal"; bahasa Inggris: "Book of Proverbs") dinyatakan
bahwa "Kedua ayat ini berasal dari buku terpisah yang pernah ada, tetapi
kemudian disingkirkan!." Suatu midrash lain (kemungkinan lebih awal),
Ta'ame Haserot Viyterot, menyatakan bahwa bagian ini sebenarnya berasal dari
kitab nubuat "Eldad dan Medad".
Dalam Talmud ada pernyataan bahwa Allah mendiktekan empat
kitab pertama Taurat, sedangkan Musa menulis Kitab Ulangan dengan
kata-katanya sendiri.
Semua pandangan rabbinik klasik menyatakan bahwa Taurat
seluruhnya atau hampir seluruhnya berasal dari Musa dan sumber ilahi.
Terjemahan Bahasa Indonesia
Dalam sejarah
penerjemahan Alkitab dalam bahasa Indonesia, kelima nama
kitab Taurat ini telah diterjemahkan menjadi beberapa versi:
Terjemahan
Baru
|
Kejadian, Keluaran, Imamat,
Bilangan, Ulangan
|
Ende
|
Kedjadian (Kejadian), Pengungsian,
Levitika, Tjatjahdjiwa (Cacah Jiwa), Ulangtutur (Ulang Tutur)
|
Polemik Asal-Usul Kitab Taurat
Sejumlah pakar Alkitab di zaman modern menganggap
kitab-kitab yang tertulis ini mulai disusun dalam periode pembuangan ke
Babel (sekitar tahun
600 SM) dan dilengkapi sebelum zaman Persia ("Yehud Medinata")
sekitar tahun 400 SM.
Ada pandangan yang sekarang sudah mulai ditinggalkan,
bahwa Taurat memiliki empat sumber cerita, yang diberi tanda dengan huruf Y, E,
D, dan P. Sumber Y ("Yahwist") merupakan sumber cerita yang besar,
tetapi ditambah sumber lain, misalnya kisah penciptaan di Kitab Kejadian
dianggap berasal dari P dan Y.
Nabi Musa Memperoleh
Kitab Taurat
Dalam
perjalanan menuju Thur Sina setelah melintasi lautan di bahagian utara dari
Laut Merah dan setelah mereka merasa aman dari kejaran Fir’aun dan kaumnya.
Bani Isra’il yang dipimpin oleh Nabi Musa itu melihat sekelompok orang-orang
yang sedang menyembah berhala dengan tekunnya. Berkatalah mereka kepada Nabi
Musa : “Wahai Musa, buatlah untuk kami sebuah tuhan berhala sebagaimana
mereka mempunyai berhala-berhala yang disembah sebagai tuhan.” Musa
menjawab: “Sesungguhnya kamu ini adalah orang-orang yang bodoh dan tidak
berfikiran sehat. Persembahan mereka itu kepada berhala adalah perbuatan yang
sesat dan bathil serta pasti akan dihancurkan oleh Allah. Patutkah aku mencari
tuhan untuk kamu selain Allah yang telah memberikan kurnia kepada kamu, dengan
menyelamatkan kamu dari Fir’aun, melepaskan kamu dari perhambaannya dan
penindasannya serta memberikan kamu kelebihan di atas umat-umat yang
lain.Sesungguhnya suatu permintaan yang aneh dari kamu, bahwa kamu akan mencari
tuhan selain Allah yang demikian besar nikmatnya atas kamu, Allah pencipta
langit dan bumi serta alam semesta. Allah yang baru saja kamu saksikan
kekuasaan-Nya dengan ditenggelamkannya Fir’aun berserta bala tentaranya untuk
keselamatan dan kelangsungan hidupmu.”
Perjalanan Nabi Musa dan Bani Isra’il dilanjuntukan ke Gurun Sinai di mana panas matahari sangat teriknya dan sunyi dari pohon-pohon atau bangunan di mana orang dapat berteduh di bawahnya. Atas permohonan Nabi Musa yang didesak oleh kaumnya yang sedang kepanasan diturunkan oleh Allah di atas mereka awan yang tebal untuk mereka bernaung dan berteduh di bawahnya dari panas teriknya matahari. Di samping itu tatkala bekalan makanan dan minuman mereka sudah berkurangan dan tidak mencukupi keperluan. Allah menurunkan hidangan makanan “manna” – sejenis makanan yang manis sebagai madu dan “salwa” – burung sebangsa puyuh dengan diiringi firman-Nya: “Makanlah Kami dari makanan-makanan yang baik yang Kami telah turunkan bagimu.”
Perjalanan Nabi Musa dan Bani Isra’il dilanjuntukan ke Gurun Sinai di mana panas matahari sangat teriknya dan sunyi dari pohon-pohon atau bangunan di mana orang dapat berteduh di bawahnya. Atas permohonan Nabi Musa yang didesak oleh kaumnya yang sedang kepanasan diturunkan oleh Allah di atas mereka awan yang tebal untuk mereka bernaung dan berteduh di bawahnya dari panas teriknya matahari. Di samping itu tatkala bekalan makanan dan minuman mereka sudah berkurangan dan tidak mencukupi keperluan. Allah menurunkan hidangan makanan “manna” – sejenis makanan yang manis sebagai madu dan “salwa” – burung sebangsa puyuh dengan diiringi firman-Nya: “Makanlah Kami dari makanan-makanan yang baik yang Kami telah turunkan bagimu.”
Demikian
pula tatkala pengikut-pengikut Nabi Musa mengeluh kehabisan air untuk minum dan
mandi di tempat yang tandus dan kering itu, Allah mewahyukan kepada Musa agar
memukul batu dengan tongkatnya. Lalu memancarlah dari batu yang dipukul itu dua
belas mata air, untuk dua belas suku bangsa Isra’il yang mengikuti Nabi Musa,
masing-masing suku mengetahui sendiri dari mata air mana mereka mengambil
keperluan airnya. Bani Isra’il pengikut Nabi Musa yang sangat manja itu, merasa
masih belum cukup atas apa yang telah Allah berikan kepada mereka yang telah
menyelamatkan mereka dari perhambaan dan penindasan Fir’aun, memberikan mereka
hidangan makanan dan minuman yang lazat dan segar di tempat yang kering dan
tandus mereka menuntut lagi dari Nabi Musa agar memohon kepada Allah menurunkan
bagi mereka apa yang ditumbuhkan oleh bumi dari rupa-rupa sayur-mayur, separti
ketimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah karena mereka tidak puas
dengan satu macam makanan.
Terhadap
tuntutan mereka yang aneh-aneh itu berkatalah Nabi Musa: “Maukah kamu
memperoleh sesuatu yang rendah nilai dan harganya sebagai pengganti dari apa
yang lebih baik yang telah Allah kurniakan kepada kamu? Pergilah kamu ke suatu
kota di mana pasti kamu akan dapat apa yang telah kamu inginkan dan kamu
minta.”
Pokok
cerita tersebut di atas dikisahkan oleh Al-Quran dalam surah “Al-A’raaf ayat
138 sehingga 140 dan 160 ; serta surah “Al-Baqarah” ayat 61 yang berbunyi
sebagai berikut : “138 Dan Kami seberangkan Bani Isra’il ke seberang lautan
itu, maka setelah mereka sampai kepada suatu kaum yang tetap menyembah berhala,
mereka (Bani Isra’il) berkata: “Hai Musa, buatlah untuk kami sebuah tuhan
(berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa tuhan (berhala)”. Musa
menjawab: “Sesungguhnya kamu ini adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat
Tuhan)”. 139 Sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang
dianutnya dan akan batal yang selalu mereka kerjakan. 140 Musa berkata: “Patuntukah
aku mencari tuhan untuk kamu yang selain dari Allah, padahal Dialah yang telah
melebihkan kamu atas segala umat”. ( Al-A’raaf : 138 140 )
“160
Dan mereka Kami bagi menjadi dua belas suku yang masing-masingnya berjumlah
besar dan Kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya:
“Pukullah batu itu dengan tongkatmu”. Maka memancarlah darinya dua belas mata
air. Sesungguhnya tiap-tiap suku mengetahui tempat minum masing-masing. Dan
Kami naungkan Awan di atas mereka dan Kami turunkan kepada mereka manna dan
salwa. (Kami berfirman): “Makanlah baik-baik dari apa yang Kami telah rezekikan
kepadamu.” Mereka tidak menganiaya Kami, tetapi merekalah yang selalu
menganiaya dirinya sendiri.” ( Al-A’raaf : 160 )
“61
Dan ingatlah ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak boleh sabar (tahan)
dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada
Tuhanmu, Agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi,
yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya dan bawah
merahnya.” Musa berkata: “Maukah kamu mengambil sesuatu yang rendah sebagai
pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperolehi
apa yang kamu minta.” ( Al-Baqarah : 61 )
Menurut
riwayat sementara ahli tafsir, bahawasanya tatkala Nabi Musa berada di Mesir,
ia telah berjanji kepada kaumnya akan memberi mereka sebuah kitab suci yang
dapat digunakan sebagai pedoman hidup yang akan memberi bimbingan dan sebagai
tuntunan bagaimana cara mereka bergaul dan bermuamalah dengan sesama manusia
dan bagaimana mereka harus melakukan persembahan dan ibadah mereka kepada
Allah. Di dalam kitab suci itu mereka akan dapat petunjuk akan hal-hal yang
halal dan haram, perbuatan yang baik yang diredhai oleh Allah di samping
perbuatan-perbuatan yang mungkar yang dapat mengakibatkan dosa dan murkanya
Tuhan.
Maka
setelah perjuangan menghadapi Fir’aun dan kaumnya yang telah tenggelam binasa
di laut, selesai, Nabi Musa memohon kepada Allah agar diberinya sebuah kitab
suci untuk menjadi pedoman dakwah dan risalahnya kepada kaumnya. Lalu Allah
memerintahkan kepadanya agar untuk itu ia berpuasa selama tiga puluh hari
penuh, yaitu semasa bulan Zulkaedah. Kemudian pergi ke Bukit Thur Sina di mana
ia akan diberi kesempatan bermunajat dengan Tuhan serta menerima kitab penuntun
yang diminta.
Setelah
berpuasa selama tiga puluh hari penuh dan tiba saat ia harus menghadap kepada
Allah di atas bukit Thur Sina Nabi Musa merasa segan akan bermunajat dengan
Tuhannya dalam keadaan mulutnya berbau kurang sedap akibat puasanya. Maka ia
menggosokkan giginya dan mengunyah daun-daunan dalam usahanya menghilangkan bau
mulutnya. Ia ditegur oleh malaikat yang datang kepadanya atas perintah Allah.
Berkatalah malaikat itu kepadanya: “Hai Musa, mengapakah engkau harus
menggosokkan gigimu untuk menghilangkan bau mulutmu yang menurut anggapanmu
kurang sedap, padahal bau mulutmu dan mulut orang-orang yang berpuasa bagi kami
adalah lebih sedap dan lebih wangi dari baunya kasturi. Maka akibat tindakanmu
itu, Allah memerintahkan kepadamu berpuasa lagi selama sepuluh hari sehingga
menjadi lengkaplah masa puasamu sepanjang empat puluh hari.”
Nabi
Musa mengajak tujuh puluh orang yang telah dipilih diantara pengikutnya untuk
menyertainya ke bukit Thur Sina dan mengangkat Nabi Harun sebagai wakilnya
mengurus serta memimpin kaum yang ditinggalkan selama kepergiannya ke tempat
bermunajat itu. Pada saat yang telah ditentukan tibalah Nabi Musa seorang diri
di bukit Thur Sina mendahului tujuh puluh orang yang diajaknya turut serta. Dan
ketika ia ditanya oleh Allah: “Mengapa engkau datang seorang diri mendahului
kaummu, hai Musa?” Ia menjawab: “Mereka sedang menyusul di belakangku,
wahai Tuhanku. Aku cepat-cepat datang lebih dahulu untuk mencapai ridha-Mu.”
Berkatalah
Musa dalam munajatnya dengan Allah: “Wahai Tuhanku, nampakkanlah zat-Mu
kepadaku, agar aku dapat melihat-Mu” Allah berfirman: “Engkau tidak akan
sanggup melihat-Ku, tetapi cobalah lihat bukit itu, jika ia tetap berdiri tegak
di tempatnya sebagaimana sedia kala, maka niscaya engkau akan dapat
melihat-Ku.” Lalu menolehlah Nabi Musa mengarahkan pandangannya kejurusan
bukit yang dimaksudkan itu yang seketika itu juga dilihatnya hancur luluh masuk
ke dalam perut bumi tanpa menghilangkan bekas. Maka terperanjatlah Nabi Musa,
gementarlah seluruh tubuhnya dan jatuh pingsan.
Setelah
ia sadar kembali dari pingsannya, bertasbih dan bertahmidlah ia seraya memohon
ampun kepada Allah atas kelancangannya itu dan berkata: “Maha Besarlah
Engkau wahai Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah taubatku dn aku akan menjadi
orang yang pertama beriman kepada-Mu.” Dalam kesempatan bermunajat itu,
Allah menerimakan kepada Nabi Musa kitab suci “Taurat” berupa kepingan-kepingan
batu-batu atau kepingan kayu menurut sementara ahli tafsir yang di dalamnya
tertulis segala sesuatu secara terperinci dan jelas mengenai pedoman hidup dan
penuntun kepada jalan yang diredhai oleh Allah.
Allah
mengiring pemberian “Taurat” kepada Musa dengan firman-Nya: “Wahai Musa,
sesungguhnya Aku telah memilih engkau lebih dari manusia-manusia yang lain di
masamu, untuk membawa risalah-Ku dan menyampaikan kepada hamba-hamba-Ku. Aku
telah memberikan kepadamu keistimewaan dengan dapat bercakap-cakap langsung
dengan Aku, maka bersyukurlah atas segala kurnia-Ku kepadamu dan berpegang
teguhlah pada apa yang Aku tuturkan kepadamu. Dalam kitab yang Aku berikan
kepadamu terhimpun tuntunan dan pengajaran yang akan membawa Bani Isra’il ke
jalan yang benar, ke jalan yang akan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat bagi
mereka. Anjurkanlah kaummu Bani Isra’il agar mematuhi perintah-perintah-Ku jika
mereka tidak ingin Aku tempatkan mereka di tempat-tempat orang-orang yang
fasiq.”
Bacalah
tentang kisah munajat Nabi Musa ini, surah “Thaha” ayat 83 dan 84 dan surah
“Al-a’raaf” ayat 142 sehingga ayat 145 sebagaimana berikut : “83 Mengapa
kamu datang lebih cepat daripada kaummu, hai Musa?” 84 Berkata Musa: “Itulah
mereka sedang menyusuli aku dan aku bersegera kepadamu ya Tuhanku, agar supaya
Engkau redha kepadaku.” ( Thaha : 83 84 )
“142 Dan Kami telah janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya, yaitu Harun: “Gantilah aku dalam (memimpin) kaumku dan perbaikilah dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakkan”. 143 Dan tatkala Musa datang untuk (munajat) dengan (Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: “Ya Tuhanku nampakkanlah (Zat Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau.” Tuhan berfirman: “Kamu sesekali tidak sanggup melihat-Ku, tetapi melihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku.” Tatkala Tuhannya nampak bagi gunung itu, kejadian itu menjadikan gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pengsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: “Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada-Mu dan aku orang yang pertama beriman.” 144 Allah berfirman: “Hai Musa sesungguhnya Aku memilih kamu lebih dari manusia yang lain (di masamu) untuk membawa risalah-Ku dan untuk berbicara langsung dengan-Ku sebab itu berpegang teguhlah kepada apa yang Aku berikan kepadamu dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur.” 145 Dan Kami telah tuliskan untuk Musa luluh (Taurat) segala sesuatu sebagai pengajaran bagi sesuatu. Maka Kami berfirman: “Berpeganglah kepadanya dengan teguh dan suruhlah kaummu berpegang kepada (perintah-perintahnya) yang sebaik-baiknya, nanti Aku akan memperlihatkan kepadamu negeri orang-orang yang fasiq.” ( Al-A’raaf: 142 145 )
“142 Dan Kami telah janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya, yaitu Harun: “Gantilah aku dalam (memimpin) kaumku dan perbaikilah dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakkan”. 143 Dan tatkala Musa datang untuk (munajat) dengan (Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: “Ya Tuhanku nampakkanlah (Zat Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau.” Tuhan berfirman: “Kamu sesekali tidak sanggup melihat-Ku, tetapi melihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku.” Tatkala Tuhannya nampak bagi gunung itu, kejadian itu menjadikan gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pengsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: “Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada-Mu dan aku orang yang pertama beriman.” 144 Allah berfirman: “Hai Musa sesungguhnya Aku memilih kamu lebih dari manusia yang lain (di masamu) untuk membawa risalah-Ku dan untuk berbicara langsung dengan-Ku sebab itu berpegang teguhlah kepada apa yang Aku berikan kepadamu dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur.” 145 Dan Kami telah tuliskan untuk Musa luluh (Taurat) segala sesuatu sebagai pengajaran bagi sesuatu. Maka Kami berfirman: “Berpeganglah kepadanya dengan teguh dan suruhlah kaummu berpegang kepada (perintah-perintahnya) yang sebaik-baiknya, nanti Aku akan memperlihatkan kepadamu negeri orang-orang yang fasiq.” ( Al-A’raaf: 142 145 )
Sumber : www.wikipedia.org, www.risalahrasul.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar