Selasa, 07 Mei 2013

Ketiak


Ketiak atau dalam bahasa Latin disebut axilla adalah daerah lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dengan bahu. Ketiak dikenal sebagai salah satu bagian tubuh yang sensitif saat digelitik dan sebagai salah satu bagian tubuh yang agak tersembunyi.
Secara anatomis, ketiak diikat pada bagian anterior oleh otot pectoralis major dan otot pectoralis minor, dan bagian posterior oleh otot subscapularis dan tulang belikat. Kemudian di bagian medialnya oleh otot serratus anterior serta bagian lateral oleh otot coracobrachialis dan bagian caput brevis dari otot biceps brachii.
Rambut ketiak selalu tumbuh di ketiak, baik pada pria maupun wanita. Pertumbuhan rambut ini dimulai pada saat masa pubertas. Biasanya pada wanita, rambut tersebut dicukur dengan alasan estetika. Pria biasanya tetap membiarkan rambut tersebut tumbuh dan hanya dicukur bila sudah cukup lebat. Akan tetapi, kini banyak pria yang juga mencukur rambut ketiaknya untuk menjaga popularitasnya sebagai seorang model atau seorang atlet, dan lain sebagainya.
Para ilmuwan menemukan bahwa kulit di bagian ketiak manusia merupakan tempat terfavorit bagi bakteri. Dalam penampang kulit seluas satu inci persegi, di ketiak bisa terdapat 516.000 bakteri.

Masalah dan Gangguan
Ketiak basah dapat disebabkan oleh keringat berlebih dan menyebabkan bau badan.
Bau Badan
Bau badan sering menjadi masalah klasik pada bagian ketiak. Bau badan timbul akibat hasil metabolisme sebum pada mikroorganisme di ketiak. Sebum diproduksi oleh kelenjar apokrin pada ketiak. Bau badan dapat dikurangi dengan produk deodoran atau antiperspiran. Bau badan juga dapat dihilangkan dengan ramuan herbal. Cara yang paling murah dan efektif adalah dengan mandi minimal 2 kali sehari. Jika merasa sedikit repot atau malah tidak berhasil dihilangkan, maka bisa dicoba dengan pengobatan laser.Biasanya, bau badan wanita terasa lebih asin karena disebabkan bakteri micrococcaceae.Sedangkan bau badan pria terasa lebih asam karena disebabkan organisme microscopic ''lipophile diphteriode''. Bau badan juga dapat menjadi lebih terasa dan kuat jika berkeringat dengan dipicu oleh tekanan emosi.
Bau badan tetap dapat timbul meskipun keringat hanya bercampur 1% saja dengan bakteri. Oleh karena itu, bagi orang yang aktivitasnya cukup padat sebaiknya memakai deodoran atau antiperspiran sebelum beraktivitas.
Bau badan juga dapat menjadi lebih menyengat bila sering memakan makanan dengan banyak bumbu. Selain itu makanan pedas dan berminyak juga dapat menambah bau badan.

Cara Memilih Deodorant Yang Bagus dan Aman
Bau ketiak seringkali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dengan penampilannya. Bau ketiak atau bau badan disebabkan oleh keringat yang muncul di daerah lipatan sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap.
Oleh karena itulah saat ini banyak orang yang menggunakan deodorant. Deodorant berfungsi untuk menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Dan saat ini deodorant tersedia dalam berbagai macam jenis dan merek. Ada deodorant yang berbentuk bedak, lotion, spray dan jenis rol.
Pemakaian deodorant memang sangat penting karena dapat membuat anda semakin percaya diri saat melakukan berbagai macam aktivitas dan berkumpul bersama dengan teman – teman. Deodorant membuat badan menjadi wangi dan tidak berbau.
Hanya saja, beberapa orang seringkali tidak cocok dengan jenis deodorant tertentu sehingga mungkin menyebabkan iritasi dan gatal – gatal. Mengetahui cara memilih deodorant yang bagus dan aman merupakan hal yang penting agar deodorant tersebut dapat berfungsi efektif dan nyaman ketika dipakai.
Deodorant yang bagus adalah deodorant yang membuat kulit ketiak aman dan nyaman sehingga tidak akan menyebabkan gatal – gatal, iritasi, dan membuat kulit ketiak menghitam.
Untuk memilih deodorant yang bagus dan aman, berikut ini tips – tipsnya:

Pilih Deodorant yang Aman
Pilihlah deodorant yang aman untuk ketiak anda, misalnya memakai jenis lotion, bedak, atau bentuk roll. Jika saat awal anda memakai deodorant tersebut kulit ketiak terasa gatal, sebaiknya anda meninggalkan produk tersebut karena tidak cocok untuk anda.

Hindari Deodorant dengan Whitening
Saat ini banyak produk deodorant yang ditambah dengan pemutih ketiak. Padahal, pemutih ketiak dapat memicu terjadinya iritasi kulit ketiak, terutama bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Lebih Aman Deodorant Non Parfum
Hampir semua produk deodorant dilengkapi dengan parfum dengan berbagai macam aroma untuk menimbulkan bau yang sedap bagi si pemakai. Namun, jika anda mencari deodorant yang paling aman, anda sebaiknya memilih deodorant yang tidak memakai parfum sehingga hasil yang didapat adalah ketiak yang tidak berbau sama sekali.

Utamakan Deodorant Jenis Spray
Deodorant terdiri dari tiga macam yaitu jenis spray, roll on, dan stick. Deodorant yang paling bagus dan aman dari ketiga tipe ini adalah deodorant berbentuk spray. Jenis deodorant ini lebih higienis namun juga mudah habis. Selain untuk ketiak, deodorant ini juga dapat digunakan untuk bagian tubuh lain. Jenis deodorant semprot adalah deodorant aerosol. Deodorant ini mengandung larutan antimikroba. Deodorant ini memberikan rasa kering di kulit ketiak karena diformulasikan untuk antihidrant.

Gunakan Deodorant yang Senada Wangi Parfum
Pilih wangi deodorant yang senada dengan wangi parfum. Jika anda ingin memakai deodorant yang berparfum, pilihlah deodorant yang wanginya hampir sama dengan wangi parfum yang anda gunakan. Misalnya, jika parfum anda beraroma bunga, maka pilihlah deodrant yang beraroma musk, manis, atau wangi bunga.

Pilihlah Deodorant dengan Anti Perspirant
Deodorant ini selain berfungsi untuk menghilangkan bau tubuh juga ditambahkan dengan anti perspirant yang merupakan bahan penghilang bau dan menghambat timbulnya keringat dan mengurangi kelembaban di ketiak.

Pakailah Deodorant Non Alkohol
Jika anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya jangan menggunakan deodorant yang mengandung terlalu banyak alkohol atau bahkan sebaiknya menggunakan yang non alkohol, terutama jika sesudah mencukur rambut ketiak karena dapat menimbulkan rasa sakit dan iritasi.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami
 Nah, salah satu cara efektif menghilangkan bau badan secara permanen dan menuntaskan masalah bau badan dengan menggunakan ramuan herbal alami. Penggunaan ramuan herbal alami untuk menghilangkan bau badan sebenarnya sudah terkenal sejak dahulu.
Beberapa ramuan herbal andalan leluhur kita dalam menghilangkan bau badan mereka antara lain: 

Tetesan Air Mawar
Salah satu pengobatan alami untuk bau badan adalah dengan meneteskan tetes air mawar pada air mandi setiap pagi dan sore. Hal ini akan memberikan kesegaran dan aroma yang harum mewangi sekaligus berfungsi sebagai pengganti deodoran yang baik. 

Cuka Sari Apel
Manfaat cuka apel bisa untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi rasa sakit pada tenggorokan sebagai pemicu munculnya bau badan dan beberapa gangguan kulit seperti bisul dan jerawat meradang. 

 Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh sebagai tanaman multifungsi sangat banyak manfaatnya pada kesehatan seperti mengobati ruam kulit yang berkerak pada kepala bayi (cradle cap), mengobati infeksi pada kulit, mengobati radang gusi dan mengurangi plak.
Selain itu minyak pohon teh juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau badan dengan cara meneeteskan minyak pohon teh ini pada segelas air sebagai bahan oles pada ketiak ataupun badan anda. Minyak pohon teh ini adalah herbal antibakteri untuk mencegah bau badan anda. 

Jus Lobak
Tanaman lobak selain dijadikan sebagai bahan sayuran, ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti disentri dan perut kembung. Selain itu, buah lobak juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Caranya dengan memarut buah lobak dan mengekstraknya menjadi jus. Oleskan jus ini pada ketiak atau badan anda setiap pagi dan sore hari agar memberi manfaat yang memuaskan.
 
Ketiak Hitam
Ketiak hitam disebabkan karena masuknya suatu zat atau suatu mikroorganisme ke dalam pori-pori ketiak yang terbuka atau iritasi. Faktor penyebabnya adalah karena mencukur ketiak secara sembarangan, sering mencabut rambut ketiak, menggaruknya dengan kasar, atau akibat penyakit pada kulit ketiak.

Tips dan Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Hmm, bagi perempuan bisa memakai baju tanpa lengan bisa jadi menjadi sebuah impian. Ya, siapa sih yang nggak mau mengikuti tren fashion terbaru? Apalagi di pasaran kini banyak tersedia banyak baju-baju terbuka tanpa lengan atau gaun malam yang atasnya terbuka dengan model-model yang lucu-lucu dan bagus-bagus.
Pasti, perempuan akan terlihat lebih cantik dan anggun memakai pakain seperti itu dan akan menjadi pusat perhatian.
Namun, seringkali hal itu tak dapat dilakukan. Salah satu alasannya adalah karena kulit ketiak yang menghitam sehingga tidak enak dipandang ketika harus menggunakan baju yang populer dengan istilah ‘u can see’ ini. Jadinya, banyak orang yang ingin mengenakan kostum berlengan terbuka tapi tidak melakukannya karena kurang percaya diri. Apa Anda salah satunya?
Masalah kulit ketiak yang menghitam ini pasti juga dialami oleh kebanyakan kita, tak hanya orang-orang yang sekali-kali ingin mengenakan baju tanpa lengan saja. Banyak istri yang juga ingin tampil maksimal dihadapan suaminya namun tak bisa karena masalah ketiak hitam ini. Tentu saja ini juga dapat mengurangi kepercayaan diri sang istri.
Agar penurunan kualitas kepercayaan diri itu tidak terjadi pada diri Anda, Anda harus mencari cara memutihkan ketiak secara alami. Meskipun tersembunyi, ketiak merupakan bagian penting dari sebuah penampilan secara utuh, lho.
Memutihkan ketiak secara alami tentu saja bukan hal yang mustahil. Namun bukan juga pekerjaan mudah. Pasalnya, kulit permukaan ketiak sangat sensitif. Butuh perawatan ekstra dan khusus untuk melakukannya. Tentu saja Anda harus sabar mencobanya. Ada beberapa cara memutihkan ketiak secara alami. Berikut langkah-langkahnya:

Mencegah Ketiak Menghitam
Ada pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hal ini juga berlaku untuk ketiak. Lebih baik Anda mencegah ketiak Anda menghitam dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebabnya.
·                     Salah satu penyebab ketiak menghitam adalah mencukur bulu ketiak dalam keadaan kering. Jadi yang harus Anda lakukan adalah melembabkan atau membasahi terlebih dahulu kulit ketiak sebelum dicukur. Disarankan, Anda tidak mencabuti sendiri bulu ketiak Anda. Lebih baik Anda mencoba metode sugaring atau waxing.
·                     Pilihlah pisau cukur kualitas terbaik. Penyebab berikutnya yang bisa membuat ketiak Anda menghitam adalah bulu ketiak yang tidak sempurna tercukur. Akibatnya pori-pori akan tersumbat dan membuat daerah sekitarnya jadi lebih gelap atau menghitam. Periksa dengan baik pisau cukur Anda. Gantilah bila sudah tumpul.
·                     Jangan salah pilih deodorant. Jika kandungan dalam deodorant Anda tidak cocok segeralah ganti sehingga iritasi pada kulit dapat dihindari. selain iritasi, kandungan deodorant yang tidak cocok juga akan membuat kulit ketiak menghitam. Sebagai deodorant alami, Anda bisa mencoba menggunakan baking soda pada ketiak. Bahan pembuat kue itu dapat membunuh bakteri di ketiak yang menyebabkan munculnya bau tak sedap.

Cara Memutihkan Ketiak Yang Gelap dan Hitam
Di bawah ini adalah beberapa cara memutihkan ketiak yang gelap dengan menggunakan ramuan herbal alami yang dapat anda coba sendiri:
1.                  Gunakan baking soda untuk mengatasi kulit ketiak yang hitam dan gelap karena penumpukan sel-sel kulit yang mati sekaligus mencerahkannya. Buatlah jus jeruk atau lemon yang dicampur dengan bubuk kunyit secukupnya untuk dijadikan obat oles pada ketiak selama 15 hingga 20 menit. Ramuan ini dioles pada lipatan ketiak sebelum dibersihkan dengan menggunakan air hangat.
2.                  Campur air jeruk nipis, susu bubuk, dan madu untuk dijadikan pasta lalu digosok pada ketiak yang menghitam dan biarkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih. Setelah beberapa minggu kulit ketiak akan menjadi menjadi lebih putih. Selain itu, menggosok langsung irisan buah jeruk pada ketiak yang gelap dapat mengembalikan warna kulit ketiak menjadi lebih cerah.
3.                  Buatlah pasta dari buah mentimun yang telah dihaluskan kemudian ditambahkan air jeruk secukupnya lalu dijadikan sebagai bahan lulur khusus untuk mengembalikan kulit ketiak yang hitam agar nampak lebih putih dan cerah.
4.                  Gunakan tetesan minyak kelapa sebagai bahan campuran kulit jeruk yang telah diblender  kemudian dioleskan pada kulit ketiak yang hitam. Kandungan vitamin E dan vitamin C yang terdapat pada kedua bahan tersebut juga dapat meningkatkan produksi kolagen untuk mencerahkan kulit yang hitam.
5.                  Selain obat herbal, penggunaan cream pemutih ketiak yang berbahan asam laktat dan asam retinoat dapat menjadi pilihan efektif untuk mencerahkan kulit ketiak anda. Salah satu produk pemutih ketiak yang sudah sering dipakai untuk memutihkan dan mengencangkan kulit ketiak adalah Golden Underarm 6 Days. Silahkan kunjungi situs www.pemutihketiak.net untuk mendapatkan informasi selengkapnya seputar produk pemutih ketiak alami ini.
6.                  Anda juga bisa menggunakan sabun khusus untuk memutihkan ketiak. Salah satunya adalah sabun beras susu Thailand. Selain lembut dan wangi, sabun beras susu juga mengandung berbagai bahan alami yang sangat berkhasiat memutihkan kulit anda, termasuk di daerah ketiak. Anda bisa membeli sabun beras susu untuk pemutih ketiak di situs www.sabunpemutih.com
Selama dalam proses perawatan, sebaiknya anda menggunakan pakaian longgar di sekitar ketiak karena pakaian ketat cenderung menyebabkan gesekan pada kulit ketiak yang dapat membuatnya menjadi lebih gelap.

Keringat Berlebih
Keringat berlebih atau dalam bahasa latin disebut axillary hyperhydrosis disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Faktor penyebab lainnya adalah kelainan anatomi, atau kondisi jiwa seseorang.
Keringat adalah hal yang normal bagi setiap orang. Keluarnya keringat merupakan cara tubuh menyeimbangkan suhunya dengan lingkungan sekitar. Pengeluaran keringat juga bisa disebabkan karena adanya aktifitas sehingga meningkatkan metabolisme tubuh.
Namun jika dalam keadaan sejuk serta tubuh tidak melakukan aktifitas, pengeluaran keringat masih tetap banyak, ini mengindikasikan adanya gangguan medis yang disebut hiperhidrosis.
Hiperhidrosis dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh kita dan tentu saja hal ini dapat mengganggu aktifitas dan seringkali menimbulkan aroma yang tidak sedap. Kondisi ini juga dapat menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang terutama saat berinteraksi dalam lingkungan sosial.
Berdasarkan penyebabnya, keringat berlebihan (hiperhidrosis) dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

Hiperhidrosis Primer
Ketika keringat berlebihan bukan disebabkan oleh kondisi medis atau bukan merupakan efek samping setiap setiap obat. Dalam kasus ini, keringat berlebihan terjadi pada daerah tertentu dan bagian tubuh yang paling sering terkena dampak adalah tangan, kaki, ketiak dan wajah.
Penelitian telah menunjukkan bahwa tanda-tanda pertama dari hiperhidrosis primer sering terdeteksi di masa kecil atau menjelang remaja. Banyak penderita cenderung berkeringat lebih saat istirahat maupun tidur meskipun itu tidak selalu terjadi. Ada juga teori bahwa masalah keringat ini terjadi secara turun-temurun meskipun belum ada penelitian konklusif tentang hal ini.

Hiperhidrosis Sekunder
Jenis keringat berlebihan yang disebabkan oleh kondisi medis dan kadang merupakan efek samping dari obat tertentu. Hiperhidrosis sekunder adalah kejadian yang paling sering dijumpai.
Ada dua perbedaan signifikan lainnya. Pertama, orang yang menderita hiperhidrosis sekunder biasanya berkeringat pada bagian umum dan mengalami keringat berlebihan bahkan saat beristirahat. Kedua, area tubuh yang paling rentan terhadap hiperhidrosis primer seperti tangan,  wajah, ketiak dan kaki.
Berdasarkan lokasi terjadinya, maka hiperhidrosis dapat dibagi atas:

Facial Hiperhidrosis
Hiperhidrosis paling sering menyebabkan wajah seseorang banyak mengeluarkan keringat hingga menetes. Kondisi ini mempengaruhi laki-laki dan wanita dan dapat terjadi di kulit kepala serta wajah.
Facial hiperhidrosis lebih sering terhadi terjadi pada orang-orang yang kelebihan berat badan, atau akibat faktor genetik serta beberapa pengaruh eksternal lainnya seperti rasa malu dan ketika mengalami kegugupan.
Pada tingkatan kritis, facial hiperhidrosis dapat menyebabkan kebingungan akut pada penderita dan biasanya menghindari pergaulan luar untuk mengurangi keringat berlebihan. Beberapa penderita harus membawa handuk wajah untuk mengatasi keringat berlebihan ini.

Hiperhidrosis Aksila
Fenomena kelebihan keringat pada ketiak dikenal sebagai hiperhidrosis aksilaris. Hal ini terjadi ketika sistem saraf simpatik berlebihan dalam mengaktifkan kelenjar keringat di ketiak sehingga produksi keringat menjadi berlebihan. Penderita biasanya menghindari memakai pakaian dengan warna tertentu untuk menyamarkan baju yang basah karena keringat.

Hiperhidrosis Palmar
Hiperhidrosis palmar atau keringat yang berlebihan pada telapak tangan disebabkan oleh kelenjar keringat yang hiperaktif. Seseorang yang terkena sindrom ini akan merasa canggung untuk berjabat tangan atau memegang sesuatu yang peka terhadap air. Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan psikologis dan cenderung merasa malu dan kurang percaya diri.
Banyak orang mengalami hiperhidrosis palmar dalam situasi tegang atau menakutkan. Hiperhidrosis palmar ini dapat dideteksi bahkan pada anak usia dini.

Hiperhidrosis Plantar
Hiperhidrosis plantar menggambarkan keringat berlebihan pada kaki dan biasanya berpengaruh juga pada menderita hiperhidrosis palmaris. Salah satu aspek yang paling mengganggu dari hiperhidrosis plantaris seperti munculnya bau apek pada kaki, kutil kaki dan infeksi jamur pada kuku kaki dan menjadi sangat rentan terhadap infeksi bakteri lainnya.

Cara Mengobati Keringat Berlebihan
Untuk mengobati dan mengatasi keringat berlebihan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Obat topikal dan sistemik sangat baik digunakan dalam pengobatan hiperhidrosis. Pilihan pengobatan lain untuk hiperhidrosis termasuk suntikan iontophoresis dan toksin botulinum.
Hiperhidrosis ketiak dapat diobati dengan gel aluminium klorida, meskipun gel dapat menyebabkan iritasi kulit ringan. Pemberian antiperspirant untuk pengobatan hiperhidrosis palmaris juga dapat dilakukan.
Selain itu, beberapa cara pengobatan keringat berlebihan yang biasa dilakukan:
·                     Karena bau yang disebabkan karena berkeringat, deodoran antiperspirant atau yang lain dapat membantu mengatasi masalah akibat keringat.
·                     Banyak masalah keringat yang berlebihan yang disebabkan oleh masalah psikologis seperti depresi, stress dan kecemasan. Pada pasien tertentu, pemberian obat-obat penenang (anti-depressants) dapat membantu mengatasi masalah berkeringat.
·                     Mengkonsumsi buah anggur atau jus anggur segar setiap hari dalam seminggu dapat membantu mengurangi keringat berlebihan.
·                     Minim butter milk sehari-hari, secangkir jus tomat setiap hari dapat membantu mengatasi masalah keringat.
·                     Menggosok cuka sari apel pada ketiak Anda untuk mencegah keringat berlebihan serta mencegah bau yang tidak sedap.
·                     Yang tak kalah penting adalah menghindari penyebab langsung timbulnya keringat dari faktor eksternal merupakan langkah yang bijak, seperti sinar matahari, cuaca dan suhu yang panas dan sebagainya.
·                     Keringat berlebihan (hiperhidrosis) bukanlah sesuatu yang menyakitkan namun sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu cara mengatasi keringat berlebihan di atas tak ada salahnya untuk di coba jika selama ini anda bermasalah dengan keringat dan akibat yang ditimbulkannya.

Peranan Seksual
Ketertarikan seksual terhadap ketiak disebut axillisme atau maschaliphilous. Salah satu contohnya yaitu menyukai bau ketiak lawan jenis. Meskipun termasuk deviasi seksual, axillisme tidak digolongkan ke dalam bentuk pornografi. Bagian tubuh ini bahkan di masyarakat kita sering sekali dijadikan bahan lawakan yang dapat diterima, baik untuk pria maupun wanita.

Rambut Ketiak
Rambut ketiak ialah kumpulan rambut di daerah ketiak. Seperti halnya rambut badan yang lain, rambut ketiak biasanya mulai tumbuh pada masa pubertas dan pertumbuhannya biasanya sampai pada akhir usia remaja yakni 18-20 tahun. Perembesan feromon dari ketiak pada tingkat perkembangan manusia menunjukkan kaitan antara rambut ketiak dengan keseksualan. Respons positif terhadap rangsangan olfaktori di dalam mamalia dan desakan seks yang kuat yang disebabkan oleh perembesan feromon memberi petunjuk yang berguna mengenai tujuan dan kepentingan rambut ketiak kepada manusia.Pernah dikatakan bahawa rambut itu sendiri bertindak sebagai sifat "anti-geseran" semula jadi antara lengan atas dengan toraks. Lebih penting lagi, rambut ketiak secara semula jadi mengusir kelembapan dari kulit yang membantu kulit supaya cukup kering bagi mencegah berkembangnya bakteria yang mengeluarkan bau.

6 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak
Yang paling populer digunakan saat ini, antara lain:

1. Mencukur dan Mencabut Bulu Ketiak
Mencukur adalah metode yang paling umum untuk menghilangkan rambut ketiak dengan menggunakan  pisau cukur. Pisau cukur ini banyak jenisnya mulai dengan pisau cukur manual hingga pisau cukur listrik. Cara mencukur ini terbilang metode yang nyaman, termudah dan paling murah.
Namun demikian,  cara ini hanya memberikan hasil jangka pendek. Bulu ketiak biasanya  dapat tumbuh lebih cepat dan lebih tebal dari sebelumnya. Disaat bulu ketiak anda tumbuh kembali terkadang menimbulkan rasa gatal.
Sebelum mencukur bulu rambut, oleskan terlebih dahulu krim atau busa pencukur di ketiak anda.  Gunakan pisau cukur yang tajam. Ini sangat penting karena pisau cukur yang tumpul dapat menyebabkan iritasi dan rasa perih pada ketiak.
Mencukur rambut ketiak dilakukan dengan searah pertumbuhan rambut lalu lembabkan atau basahi ketiak setelah anda selesai mencukurnya. Hal ini dimaksudkan sebagai pengganti minyak pada permukaan kulit ketiak agar tidak terasa kasar dan kering.
Selain itu, bulu ketiak juga bisa dihilangkan dengan cara dicabut dengan menggunakan tangan atau pisau cabut biasa. Hanya saja metode ini akan meninggalkan rasa sakit dan kemungkinan adanya pembengkakan di sekitar kulit ketiak.

2. Metode Waxing
Waxing adalah metode paling populer yang semi-permanen menghilangkan rambut ketiak. Dalam metode ini, lilin dioleskan di kulit ketiak lalu dicabut dengan cara melawan arah pertumbuhan rambut. Metode ini memiliki beberapa keuntungan dan kelemahan.
Keuntungan menggunakan metode waxing seperti karena dapat menghilangkan rambut ketiak secara keseluruhan dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, pertumbuhan rambut sedikit lama dari metode cabut bulu ketiak.  Jika metode ini terus dilakukan akan mengurangi pertumbuhan bulu ketiak anda.
Kelemahan menggunakan metode waxing  adalah karena dapat menyebabkan rasa sakit, dapat menyebabkan bengkak pada ketiak dan bisa menyebabkan keluarnya darah pada permukaan kulit ketiak.

3. Gunakan Hair Removal Cream
Menghilangkan rambut atau bulu ketiak dapat pula dilakukan dengan menggunakan krim khusus penghilang rambut (hair removal cream) yang bisa didapatkan di toko obat. Cara kerja dari cream ini adalah menghancurkan keratin rambut.
Keuntungan dari menggunakan krim perontok rambut ketiak ini adalah sangat mudah digunakan dan pertumbuhan rambut ketiak berikutnya juga butuh waktu yang sedikit lama. Sisi negatifnya dengan menggunakan krim perontok bulu ketiak ini adalah dapat menyebabkan iritasi kulit ketiak.

4. Metode Elektrolisis
Teknik elektrolisis ini adalah adalah metode menghilangkan rambut atau bulu ketiak secara permanen selama bertahun-tahun. Cara kerja elektrolisis ini menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam folikel rambut untuk memberikan arus listrik kecil yang membunuh sel-sel rambut. Metode ini harus dilakukan dibawah pengawasan tenaga ahli yang berpengalaman.

5. Metode Laser
Metode laser juga dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu rambut ketiak dengan memfokuskan sinar laser pada folikel rambut ketiak. Energi laser diserap oleh rambut dan menyebabkan terhentinya pertumbuhan rambut.

6. Gunakan Resep Herbal Alami
Ada sejumlah resep alami yang dapat digunakan untuk merontokkan bulu ketiak, antara lain:
·                     Gunakan kunyit yang telah dicelupkan ke dalam air kapur sirih sebagai bahan oles pada ketiak setelah anda mencabut bulu ketiak.
·                     Gunakan ramuan jintan putih 20 biji, kapur barus 3 butir ditambah air jeruk kemudian dihaluskan. Oleskan ramuan ke daerah ketiak setelah anda mencabut bulunya.
·                     Gunakan ramuan merica 20 biji, kapur barus 3 butir kemudian dihaluskan lalu diberi minyak tanah secukupnya. Oleskan ramuan ini pada ketiak sebelum tidur. Hal ini akan membuat bulu ketiak anda rontok dengan sendirinya.

Sumber :www.wikipedia.org dan www.doktercantik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar