Senin, 15 April 2013

Sir Joseph Wilson Swan



Sir Joseph Wilson Swan (31 Oktober 1828 - 27 Mei 1914) adalah seorang fisikawan Inggris dan kimia. Ia paling terkenal untuk menciptakan sebuah bola lampu pijar sebelum penemuan yang oleh Amerika Thomas Edison.
Swan pertama menunjukkan lampu di sebuah ceramah di Newcastle upon Tyne pada tanggal 18 Desember 1878, tetapi ia tidak menerima paten sampai 27 November 1880 (paten No 4933) setelah perbaikan lampu aslinya. Rumahnya (di Gateshead, Inggris) adalah yang pertama di dunia diterangi bola lampu, dan pertama di dunia listrik penerangan cahaya dalam gedung umum adalah untuk kuliah Swan menyerah pada tahun 1880. Pada tahun 1881, Teater Savoy di Kota Westminster, London diterangi oleh bola lampu pijar Swan, teater pertama dan bangunan publik pertama di dunia yang akan diterangi seluruhnya oleh listrik.
Pada 1904 Swan dianugerahi gelar oleh Raja Edward VII, dianugerahi Medali Hughes Royal Society, dan membuat anggota kehormatan dari Masyarakat Farmasi. Dia sudah menerima dekorasi tertinggi di Perancis, Legio d'honneur, ketika ia mengunjungi sebuah pameran internasional di Paris pada 1881. Pameran ini termasuk pameran dari penemuannya, dan kota itu diterangi dengan lampu listrik, berkat penemuan Swan. 

Awal Kehidupan
Joseph Wilson Swan lahir pada tahun 1828 di Aula Pallion di Bishopwearmouth (sekarang bagian dari Sunderland, Tyne and Wear). Orang tuanya adalah John Swan dan Isabella Cameron. Ia menjabat magang di bawah apoteker di sana. Dia kemudian menjadi mitra dalam Mawson, sebuah perusahaan manufaktur kimia di Newcastle upon Tyne. Perusahaan ini ada sebagai Mawson, Swan dan Morgan sampai 1973, sebelumnya terletak di Grey Street di Newcastle upon Tyne dekat Monumen Grey. Tempat sekarang dimiliki oleh ritel fashion Swedia H & M dan dapat diidentifikasi dengan garis bergaya Victoria listrik lampu jalan di depan toko di Grey Street. Swan tinggal di Underhill, sebuah rumah besar di Kells Lane Utara, Rendah Fell, Gateshead, di mana ia melakukan sebagian besar eksperimen di Konservatorium besar. Rumah itu kemudian diubah menjadi biaya pribadi membayar, hibah dibantu co-pendidikan tata bahasa sekolah bernama Beaconsfield Sekolah. Di sini., siswa masih bisa menemukan contoh fitting asli Swan listrik .

Listrik Cahaya
Karbon lampu filamen (E27 soket, 220 volt, kira-kira 30 watt, sisi kiri:. Berjalan dengan 100 volt)
Pada tahun 1850 Swan mulai bekerja pada sebuah bola lampu menggunakan filamen kertas dikarbonisasi dalam bola kaca dievakuasi. Pada 1860 ia mampu menunjukkan perangkat kerja, dan memperoleh paten Inggris meliputi vakum parsial, karbon filamen lampu pijar. [Rujukan?] Namun, kurangnya vakum yang baik dan sumber listrik yang memadai mengakibatkan bola lampu tidak efisien dengan pendek seumur hidup.
Pada tahun 1875 Swan kembali untuk mempertimbangkan masalah bola lampu dengan bantuan sebuah vakum yang lebih baik dan benang berkarbonisasi sebagai filamen. Fitur yang paling signifikan dari lampu ditingkatkan Swan adalah bahwa ada sedikit oksigen sisa dalam tabung vakum untuk menyalakan filamen, sehingga memungkinkan filamen menyala hampir putih-panas tanpa terbakar. Namun, filamen-nya memiliki resistensi yang rendah, sehingga perlu kabel tembaga yang berat untuk memasok itu.
Swan publik pertama menunjukkan lampu pijar karbon di sebuah kuliah bagi Newcastle upon Tyne Chemical Society pada 18 Desember 1878. Namun setelah terbakar dengan cahaya terang untuk beberapa menit di laboratorium nya, lampu rusak karena arus yang berlebihan. Pada 17 Januari 1879 kuliah ini berhasil diulang dengan lampu yang ditunjukkan dalam operasi yang sebenarnya, Swan telah memecahkan masalah penerangan listrik pijar dengan menggunakan lampu vakum. Pada tanggal 3 Februari 1879 ia secara terbuka menunjukkan lampu bekerja untuk penonton lebih dari tujuh ratus orang di ruang kuliah Masyarakat Sastra dan Filsafat dari Newcastle upon Tyne, Sir William Armstrong memimpin. Swan mengalihkan perhatiannya untuk memproduksi filamen karbon lebih baik dan cara melampirkan ujung-ujungnya. Dia menemukan metode pengobatan kapas untuk menghasilkan "benang parchmentised" dan memperoleh Paten Inggris 4933 pada tanggal 27 November 1880.  Sejak saat itu ia mulai memasang lampu di rumah-rumah dan tempat-tempat di Inggris. Rumahnya, Underhill pada Kells Lane di Low Fell, Gateshead, adalah lampu pertama yang bekerja di dunia cahaya diinstal. The Lit & Phil Perpustakaan di Westgate Road, Newcastle, adalah ruang publik pertama diterangi oleh lampu listrik selama kuliah oleh Swan pada tanggal 20 Oktober 1880. Pada tahun 1881 ia mendirikan perusahaan sendiri, The Swan Listrik Light Company,  dan mulai produksi komersial .
The Savoy, sebuah teater state-of-the-art di Kota Westminster, London, adalah bangunan publik pertama di dunia dinyalakan seluruhnya oleh listrik. Swan disediakan sekitar 1.200 lampu pijar, didukung oleh 88,3 kW (120hp ) generator pada lahan terbuka dekat teater Pembangun dari Savoy, Richard D'Oyly Carte, menjelaskan mengapa ia memperkenalkan lampu listrik Swan:. "Kelemahan terbesar untuk menikmati pertunjukan teater adalah, tidak diragukan lagi , udara busuk dan panas yang menyerap semua bioskop. Seperti semua orang tahu, setiap gas-burner mengkonsumsi oksigen sebanyak banyak orang, dan menyebabkan panas yang luar biasa di samping The lampu pijar mengkonsumsi oksigen,. dan tidak menyebabkan panas kentara. "generator pertama terbukti terlalu kecil untuk menyalakan seluruh bangunan, dan meskipun seluruh front-of-house elektrik menyala, panggung itu diterangi oleh gas hingga 28 Desember 1881. Pada kinerja yang, Carte melangkah di atas panggung dan memecahkan bola lampu menyala sebelum penonton untuk menunjukkan keamanan teknologi baru Swan. Pada tanggal 29 Desember 1881, The Times menggambarkan penerangan listrik sebagai superior, visual, untuk lampu gas
Kediaman pribadi pertama, selain penemu, diterangi oleh lampu pijar yang baru adalah bahwa dari temannya, Sir William Armstrong, di Cragside, dekat Rothbury, Northumberland. Swan pribadi diawasi instalasi sana pada bulan Desember 1880. Swan telah membentuk 'The Swan Electric Light Company Ltd' dengan sebuah pabrik di Benwell, Newcastle, dan telah mendirikan pembuatan komersial pertama dari bola lampu pijar pada awal 1881.
Kapal pertama yang menggunakan penemuan Swan adalah The City of Richmond, yang dimiliki oleh 'Jalur Inman'. Dia dilengkapi dengan lampu pijar pada bulan Juni 1881. The Royal Navy juga memperkenalkan mereka ke kapal mereka setelah dengan tidak fleksibel HMS memiliki lampu baru dipasang pada tahun yang sama .

Edison Kolaborasi
Kopling umum nama Swan dengan yang dari Edison sehubungan dengan lampu pijar listrik sering menyebabkan gagasan bahwa Swan berkolaborasi dengan Edison dalam penemuan ini. Itu tidak begitu. Pekerjaan mereka adalah benar-benar independen, dan meskipun masing-masing tahu yang lain bekerja pada masalah merancang lampu praktis, mereka tidak bertemu atau berkomunikasi dengan satu sama lain. Gabungan dari nama mereka muncul pada tahun 1883 ketika dua perusahaan bersaing bergabung untuk mengeksploitasi baik Swan dan penemuan Edison.
Di Amerika, Edison telah bekerja pada salinan dari bola cahaya asli dipatenkan oleh Swan, mencoba untuk membuat mereka lebih efisien. Meskipun Swan telah mengalahkan dia untuk tujuan ini, Edison memperoleh paten di Amerika untuk salinan yang cukup langsung dari cahaya Swan, dan mulai kampanye iklan yang menyatakan bahwa ia adalah penemu nyata. Swan, yang kurang tertarik dalam membuat uang dari penemuan, sepakat bahwa Edison bisa menjual lampu di Amerika sementara ia mempertahankan hak di Inggris.
Sementara mencari filamen bola lampu yang lebih baik untuk itu, Swan sengaja membuat muka lain. Pada tahun 1881 ia mengembangkan dan mematenkan proses untuk memeras nitro-selulosa melalui lubang-lubang untuk membentuk serat melakukan. Perusahaannya baru didirikan (yang oleh merger akhirnya menjadi Edison dan Swan Perusahaan Amerika) digunakan filamen selulosa Swan dalam lampu mereka. Industri tekstil juga telah menggunakan proses ini.

Ediswan
Pada tahun 1883 Edison & Swan Serikat Perusahaan Listrik Cahaya didirikan. Umum dikenal sebagai Ediswan, perusahaan menjual lampu dibuat dengan filamen selulosa yang Swan telah ditemukan pada tahun 1881. Variasi dari filamen selulosa menjadi standar industri, kecuali dengan Perusahaan Edison. Edison terus menggunakan filamen bambu sampai 1892 merger menciptakan Edison General Electric, dan perusahaan yang kemudian bergeser ke selulosa.

Pada tahun 1886 Ediswan memindahkan produksinya ke pabrik goni mantan merenungkan End, London Utara [19] Pada tahun 1916 Ediswan mendirikan radio pertama Inggris pabrik katup termionik di merenungkan. Akhir. Daerah ini, dengan Brimsdown terdekat kemudian dikembangkan sebagai pusat untuk pembuatan katup termionik, tabung sinar katoda, dll dan bagian terdekat dari Enfield menjadi pusat penting dari industri elektronik untuk sebagian besar abad ke-20. Ediswan menjadi bagian dari British Thomson-Houston dan Associated Listrik Industri (AEI) pada akhir tahun 1920. 

Fotografi
Ketika bekerja dengan pelat fotografi basah, Swan melihat bahwa panas meningkatkan kepekaan emulsi perak bromida. Pada 1871 ia telah merancang sebuah metode yang menggunakan pelat kering dan mengganti nitro-selulosa plastik untuk piring kaca, sehingga memulai usia kenyamanan dalam fotografi. Delapan tahun kemudian ia dipatenkan kertas bromida, perkembangan yang masih digunakan untuk hitam-putih cetakan foto.

Akhir Hayatnya
Pada tahun 1894 Swan terpilih sebagai Fellow dari Royal Society. Pada tahun 1904 dia mendapatkan gelar bangsawan, dianugerahi Medali Hughes Royal Society, dan membuat anggota kehormatan dari Masyarakat Farmasi. Swan meninggal pada tahun 1914 di Warlingham di Surrey.
Pada tahun 1945 Perusahaan Listrik London memperingati Swan dengan penamaan baru 1.554 GRT pesisir collier SS Sir Joseph Swan.

Sir Joseph Wilson Swan,Seorang Inggris Ahli Fisika Dan Kimia. Dialah Sebenarnya Sang Pencipta Lampu Pertama Kali Sebelum Thomas A. Edison Menciptakan Bola Lampu-nya

Sejarah Penemuan:
Pada tahun 1850 Swan mulai bekerja pada sebuah bola lampu menggunakan filamen kertas dikarbonisasi dalam bola kaca dievakuasi. Pada 1860 ia mampu menunjukkan perangkat kerja, dan memperoleh hak paten Inggris yang meliputi sebagian vakum , karbon filamen lampu pijar. Namun, kurangnya vakum yang baik dan sumber listrik yang memadai mengakibatkan bola lampu tidak efisien dengan umur hidup yang pendek.
Lima belas tahun kemudian, pada tahun 1875, Swan kembali untuk mempertimbangkan masalah bola lampu dengan bantuan sebuah vakum yang lebih baik dan benang berkarbonisasi sebagai filamen. Fitur yang signifikan sebagian besar perbaikan lampu Swan adalah bahwa ada sedikit sisa oksigen dalam vakum tabung untuk menyalakan filamen, sehingga memungkinkan filamen menyala hampir putih-panas tanpa terbakar. Namun, filamen-nya memiliki ketahanan yang rendah, sehingga perlu kabel tembaga yang berat untuk memasok itu. 
Swan menerima paten Inggris untuk perangkat-nya pada tahun 1878, sekitar satu tahun sebelum Thomas Edison . Swan telah melaporkan keberhasilan kepada Newcastle Chemical Society dan pada kuliah di Sunderland Technical College Februari 1879 dia memperlihatkan sebuah lampu kerja. Swan mengalihkan perhatiannya untuk memproduksi filamen karbon lebih baik dan sarana melampirkan ujung-ujungnya. Ia merancang suatu metode pengobatan kapas untuk menghasilkan "benang parchmentised" dan memperoleh Paten Inggris 4933 pada tahun 1880. Dari tahun ini dia mulai memasang lampu di rumah-rumah dan tempat-tempat di Inggris. Rumahnya Underhill pada Kells Lane di Low Fell , Gateshead adalah yang pertama di dunia yang memiliki kerja bola lampu terpasang. Pada tahun 1881 ia memulai perusahaannya sendiri, The Swan Lamp Electric Company, dan mulai produksi komersial. 
The Savoy , sebuah state-of-the-art teater di Kota Westminister , London, merupakan bangunan publik pertama di dunia yang akan menyala sepenuhnya oleh listrik. Joseph Swan memasok 1.200 lampu pijar tentang, dan lampu yang didukung oleh 120 HP (Horse Power) generator di tanah terbuka di dekat teater. Para pembangun dari Savoy, Richard D'Oyly Carte , menjelaskan mengapa ia memperkenalkan listrik cahaya's Swan: "Kekurangan terbesar terhadap penikmatan pertunjukan teater ini, tidak diragukan lagi, udara busuk dan panas yang meliputi seluruh bioskop,. Seperti semua orang tahu setiap gas-burner mengkonsumsi seperti oksigen sebanyak banyak orang, dan menyebabkan panas yang besar di samping. Lampu pijar mengkonsumsi oksigen tidak ada, dan tidak menimbulkan panas jelas ". Pertama generator terbukti terlalu kecil untuk kekuatan seluruh bangunan, dan meskipun-seluruh depan rumah itu elektrik menyala, panggung itu diterangi dengan gas sampai dengan 28 Desember 1881. Pada kinerja itu, Carte menginjak panggung dan memecahkan bola lampu menyala sebelum penonton untuk mendemonstrasikan teknologi keamanan baru's Swan.

Sumber : www.wikipedia.org, www.jurukunci.net

2 komentar: